Home » , , , , » Normalkah Bila Wanita Berkeringat Berlebihan? Ini Jawabannya

Normalkah Bila Wanita Berkeringat Berlebihan? Ini Jawabannya

Normalkah Bila Wanita Berkeringat Berlebihan? Ini Jawabannya
Jika ada anggapan bahwa kaum wanita tidak berkeringat dan hanya sedikit berminyak, itu adalah kebohongan.

Menurut Michael Saphiro MD, yaitu Direktur Medis di Dermatologi Vanguard, New York, kulit wanita normal dan sehat mengeluarkan keringat sebanyak lima ons atau setara segelas anggur setiap harinya. Beberapa faktor seperti teriknya sinar matahari, temperatue suhu yang tak sesuai dengan kondisi tubuh, rasa stress dan aktivitas yang menguras tenaga adalah penyebabnya.

Mengapa wanita bisa berkeringat berlebihan ? Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Experimental Physiology menemukan fakta bahwa wanita yang bugar berkeringat jauh lebih banyak dibanding wanita biasa pada umumnya.

Keringat juga berkaitan dengan aktivitas kebugaran yang rutin dilakukan. Selama latihan, tubuh Anda menyesuaikan kelenjar keringat pada suhu tubuh yang lebih internal serta pada tingkat yang lebih tinggi. Pada dasarnya, tubuh akan beradaptasi dan bekerja lebih daripada biasanya sehingga memicu pengaturan keringat untuk membuat suhu tubuh tetap dingin yang berfungsi mencegah kelelahan akibat hawa panas karena menurunnya stamina dan energi pada tubuh.

Menurut beberapa peneliti, ada beberapa kemungkinan mengapa wanita masih kurang berkeringat ketimbang kaum pria yang mengalaminya lebih dari empat kali sehari. Peneliti juga memaparkan bahwa keringat erat hubungannya dengan kebugaran. Hyperhidrosis atau keringat berlebihan memang terkadang memalukan dan menjengkelkan. Sisi buruknya, keringat berlebihan juga bisa menyebabkan dehidrasi dan menurunnya kadar elektrolit pada tubuh.

“Jika tubuh berkeringat berlebihan disebabkan cuaca panas dan olahraga itu sangat wajar, namun segera periksa ke dokter kalau keringat disebabkan stress atau demam di keseluruhan tubuh atau hanya pada satu titik tubuh saja,” saran Shapiro. | Ridho Nugroho / Sumber: Women’s Health | TabloidNova

0 comments:

Post a Comment